Jumat, 07 Desember 2007

Intermezzo-Padang dengan 2 Budaya

berikut adalah salah satu tulisan yang saya catat di buku tulis pegangan saya, tapi sengaja saya posting juga,
soalnya saya pikir ada informasi yang lumayan bagus juga, meureun, hehehe...

07 Des 07
Ngga kerasa udah lwat dua hari dari tulisan terakhir, hihi... P Fahmi dan Bang Barry udah dateng tadi pagi jam 8-an.
Setelah ada sedikit pencerahan dari P fahmitentang media Desain yag mesti dibuat disini, mulai sekarang
(seharusnya udah dari dulu) ahrus udah mikirin arahan desain buat media tersebut, wedeh..gila..kenapa harus hulang-huleng
kurang-kerung ya? saya kesini kan emang ditugasin buat itu..Art Directing, damn!
halah jadi lumayan deg-degan juga, seems likeit's just too big for me, aneh, mungkin saya emang masih amatiran ya?
ah.. tapi keterusan ngeluh juga ngga baek.

Oke, tapi emang udah ada obrolan-obrolan ringan tentang aspek-aspek yang mesti saya (dan Jino tentunya) pikirin dalam
mengarahkn desain, dan salah satunya adalah aspek visual dan unsur kedaerahan disini (Padang).
well, here we go..

Untuk visual, sepertinya masih mungkin untuk kawasan Padang (kota) ini mengarah ke langgam kontemporer, kekinian, populer
a la Indonesia (influence TV, iklan, "rockstar" dkk) ato bahkan yang berbau "luar negeri/barat" hehe...
Memang, penetrasi kebudayaan "modern" disini rada massif, saya liat diantaranya dari distro-distro
yang ngejamur, angkot yang stylish modif abees dah! AaBG (Anak-anak Baru Gede) yang melek fashion dan tentu
saja hal-hal yang kebarat-baratan, karena memang Padang (kota ini) sangat dekat dengan pantai, tempat
terjadinya akulturasi budaya yang dibawa sama bule-bule yang pengen nyoba ketangguhan ombak di Sumatera BArat, hehe..

Tapi selain itu juga, sepintas saya simak masyarakat Padang ini agak kuat di aspek kedaerahannya, entah ini peran
dari legislator, pihak-pihak "berkepentingan" ato P fahmi bilang ini hanya peninggalan sejarah aja, elemen visual
etnik terutama bentuk atap rumah seringkali banget sangat amat ditemukan di bangunan-bangunan penting
dan/atau bangunan-bangunan besar tempat banyak berkumpulnya massa (mall, plaza). Dugaan saya ini diperkuat juga
dengan ramainya taman Budaya (kalo di Bandung, mungkin adalah Dago Tea House)disini, beneran! 2 hari terakhir ini berturut-turut
saya dateng ke sana, ternyata ada aja kegiatan disana, latihan tari, latihan teater, kegiaatan perdagangan dan tentu saja
karena kebetulan lagi ada persiapan pameran, banyak PESERTA PAMERAN, hehe....

LAlu iseng-iseng saya tanya P Fahmi berkaitan sama fenomena pertemuan 2 budaya yang kentara ini, saya buka dengan
pertanyaan: "menurut P Fahmi apa sih yang bisa dikomentarin tentang 2 budaya yang bertemu ini? Tapi dengan catatan
saya ngga terlalu yakin kalo visual etnis yang masih banyak ditempel disini kemudian bikin penduduk lokal
jadi seneng juga ngeaplikasiin ini (visual etnis) di media atau apapun, entah.."

Dia bilang emang ngerasa gitu juga (tapi dengan catatn kalo P Fahmi ini baru dateng ke Padang
dan baru tinggal beberapa jam, hehe..), tapi kalo ngeliat "hectic"nya taman Budaya ini lanjutnya, memang Padang ini ngga se-ekstrem
Bandung (kecuali kalo ngomongin sepakbola=PERSIB), disini bibit kecintaan sama unsur kedaerahan lumayan banyak, walopun pengekspresiannya
ngga lewat visual tapi melalui kebudayaan lain (seni tari, dll), Intermezzo nih, sebelum terlibat dalam obrolan ini,
sempet tanya-tanya juga sama si Teteh (salah satu volunteer disini) berkaitan sama ornamen -ornamen yang jug masih sering diaplikasiin
di beberapa bangunan, ada fakta mengejutkan buat saya, ternyata hingga sekarang salah satu materi pelajaran kesenian di sekolah
(entah SMP ato apa, saya lupa) adalah kerajinan tangan menggambar ornamen tadi, wuihh, canggih bana! hal yang mungkin ngga akan saya
temui di sekoalh-sekolah di Bandung, heueheu....

Jadi kalo ditarik kesimpulan (masih kutipan p Fahmi), "treatment" untuk visualnanti, bagaimanapun harus mengikut sertakan unsur
kedaerahan, karena hal itu yang ngebikin suatu media jadi dilirik (asumsinya kayak gitu sekrang), dan karena kekuatan
kedaerahan itu nggak terletak di visual maka boleh jadi kita "bermain" di verbal, entah mungkin dengan menginterpretasikan redaksi-
redaksi yang tadinya berbahasa Indonesia menjadi bahasa Padang, mengikut sertakan kesenian vebal seperti pengaplikasian
lirik lagu seperti yang dilakukan sama temen-temen KSB di t-shirt klub mereka, quote-quote khas padang, Jargon-jargn, dan lain-lain.

lalu obrolan informal ini kita akhiri dengan berjalan kaki menuju gedung pameran buat ikut bantuin temen-temen KSB
ngedisplay materi pameran, dan setelah sekitar 2 jam-an di dalem geudng, ketawa-ketawa, keringet-keringet, nge-es teh manis, kita pulang.
Eitss,..tapi kita makan dulu deng breng-bareng, ah.... sayag, suara ombaknya ngga kedengeran. heuheu..

Sampai jumpa di postingan berikutnya semoga isinya lebih penting dan bermanfaat.

helo sansan, Marno, Wawan, Fadli, sepertinya situ orang lebih tangguh ya dibanding kita disini,
I think it's sucha hard thing dealing with Panas Bantul yang menyengat dan Dingin Rejang Lebong yang menusuk.

Kita disini panas juga sih, banget, tapi langsung ilang deh betenya, ngaso plus ngadem sore-sore di tepi pantai.
hehe....

1 komentar:

missasoen mengatakan...

Wooooy!!!!
Sok ateuuuh, sing manfaat indit ka ranah minang tehnya barudak!Oh, enya boga carita, Si Jino dek mawa Body lotion PEMUTIH 600 ML ka padang, HAHA..untung urg inget, jdi dititipkan ka urg dari pada disita ku bandara..
Jin?rada meuesan teu?heuheu